Pengunjung

Spesifikasi & Performa Nokia X


Nokia X bukanlah ponsel flagship yang dirilis Nokia di masa-masa sebelum dibeli oleh Microsoft. Perangkat ini hanya memiliki prosesor dual-core dari Snapdragon S4 Play dengan kecepatan clock 1GHz dengan dukungan RAM sebesar 512MB. Sedangkan memori internalnya sebesar 4GB yang bisa diekspansi menggunakan kartu memori microSD hingga 32GB. Layarnya selebar 4 inci dengan resolusi WVGA, atau 800 x 480 piksel, dengan panel LCD. 
Spesifikasi & Performa Nokia X
Spesifikasi & Performa Nokia X
Di bagian belakang terdapat kamera beresolusi 3MP tanpa lampu kilat. Kamera depan pun tidak ada. Baterai ponsel ini berkapasitas hanya 1.500mAh yang cepat terkuras ketika perangkat kerap digunakan. Ponsel ini juga menyediakan dual sim sekaligus untuk memberikan opsi penggunaan operator seluler. Dengan spesifikasi tersebut ponsel ini dibanderol Rp1,6 juta di pasar Indonesia. 

Mengenai sistem operasi, Nokia X menggunakan basis OS Android 4.1 Jelly Bean yang dimodifikasi. Nokia merombak Android 4.1 sehingga memiliki tampilan mirip dengan antar muka Windows Phone di Nokia seri Lumia. Tampilan tersebut pun bisa diatur sehingga menampakkan aplikasi yang diinginkan. Ikon logo seperti pesan, audio, email, dan yang lainnya pun identik dengan yang ada di Windows Phone.
Namun meski menggunakan OS Android, Nokia X tak memiliki aplikasi layanan dari Google seperti Google Search, Google Maps, dan bahkan toko aplikasi Google Play Store. Namun Nokia X memiliki opsi aplikasi pemetaan yang tak kalah canggih bernama Nokia Here Maps. Aplikasi pemetaan ini bisa digunakan secara offline dengan GPS tanpa membutuhkan koneksi internet. Yang perlu dilakukan oleh pengguna hanya mengunduh database pemetaan satu kali saja.

Selain Here Maps, Nokia juga membawa aplikasi dari ekosistem milik Microsoft di ponsel Androidnya, yaitu layanan video chat Skype. Sedangkan untuk mengganti Google Play Store, Nokia menghadirkan Nokia App Store sebagai penggantinya. 

Di toko aplikasi ini berbagai aplikasi Android bisa diunduh, namun tidak seluruhnya. Hanya beberapa aplikasi saja. Sedangkan aplikasi populer seperti Instagram, Cymera, dan bahkan WhatsApp pun tak tersedia di Nokia App Store. Di sinilah sisi kelemahan Nokia yang disayangkan. Pasalnya, ponsel Android ini tak benar-benar Android yang bisa menginstal banyak aplikasi populer di Google Play Store. Berbagai aplikasi yang bisa diunduh hanya game atau aplikasi ringan, sedangkan untuk aplikasi 'berat' tak bisa diunduh di Nokia X.

Post a Comment

0 Comments