Pengunjung

Cara Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Air


Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menyelamatkan ponsel Anda.

1. Segera matikan ponsel atau tablet Anda

Lakukan secepat mungkin tanpa menunda waktu, bahkan saat sebelum Anda bisa mengeringkan gadget itu dengan kaus atau baju Anda. Langkah ini dilakukan untuk menghentikan daya sebelum air memasuki panel komponen dan membuat hubungan pendek.

2. Keringkan bagian luar ponsel

Anda bisa melakukannya dengan handuk halus seperti kain flanel pembersih kaca mata. Bersihkan colokan usb, earphone, speaker dan microphone. Lepaskan bagian yang dapat dicopot seperti kartu SIM dan baterai serta keringkan juga bagian-bagian itu.

3. Siapkan paket silica gel (kantung penyerap kelembaban) dalam sebuah kantong

Jika Anda tak memiliki paket tersebut, beras juga dapat digunakan untuk menggantikannya. Masukkan ponsel dan bagian yang sudah dilepaskan ke dalam kantong yang rapat. Metode ini dimaksudkan untuk menyerap kelembaban yang disebabkan air yang sudah masuk dalam ponsel.

Silica gel bisa Anda dapatkan dalam kemasan sepatu baru, tas, kamera atau botol berisi obat tablet. Jika Anda tak memilikinya silica gel ini bisa dipesan di internet.

4. Tunggu selama 72 jam

Memang waktu ini cukup lama, tapi jangka waktu selama tiga hari dibutuhkan agar air yang masuk dalam ponsel sudah benar-benar hilang.

5. Nyalakan kembali ponsel setelah 72 jam

Jika Anda lakukan langkah-langkah tersebut dengan benar ponsel Anda dapat kembali beroperasi dengan normal.

Kendati begitu metode yang telah kami sebutkan diatas amat bergantung kepada kesempatan dan keberuntungan. Hal terpenting adalah Anda menyelamatkan ponsel itu secepat mungkin dan mematikannya sebelum air merusak bagian sirkuit dalam ponsel.

Bahkan jika Anda berhasil menghidupkan kembali ponsel itu, ada kemungkinan bahwa kontak air akan membuat korosi bagian didalamnya. Sehingga jika dalam waktu tertentu ponsel Anda perlahan mati, Anda tentu sudah mengetahui apa penyebabnya.

Ponsel yang terendam air juga menghapus garansi. Seluruh telepon memiliki indikator yang memungkinkan produsen mengetahui kalau ponsel tersebut sudah menyelam dalam air.

Post a Comment

0 Comments