Pengunjung

Aplikasi Sama Tapi Pemakaian RAM Berbeda?


Biasanya ada beberapa penyebab kenapa di satu device dan device lain, sebuah aplikasi yang sama berbeda pemakaian RAM-nya. Kita coba kerucutkan sebagai contoh, aplikasi BBM for android seperti yang anda alami. Pertama bukan disebabkan oleh merk dan tipe perangkatnya, tetapi lebih ke arah aplikasinya. BBM for android sudah keluar beberapa update, setiap update/nomor versi bisa berbeda-beda pemakaian memory-nya. 

Rilis pertamanya bahkan disebut-sebut sebagai pemakan memory. Ini lumrah terjadi pada sebuah aplikasi. Biasanya akan ada update perbaikan setelahnya. Jadi kalau versi BBM anda dan teman berbeda, hasil pemakaian RAM nya juga berbeda. Kalau versi BBM anda dan teman sama, hasilnya juga bisa berbeda. Setiap orang memiliki jumlah kontak BBM dan group, termasuk BBM Channel yang berbeda. Ini akan menghasilkan pemakaian RAM yang berbeda. Belum lagi seberapa aktifnya tingkat penggunaan BBM anda termasuk rekan-rekan di kontak BBM anda.


Nah yang terakhir coba amati report pemakaian RAM dari aplikasi BBM anda. ( Untuk yang mau mencoba melihat juga, masuk ke setting, apps, running, pilih BBM. Di pojok kanan akan terlihat besaran RAM yang yang digunakan aplikasi BBM dan diatasnya ada jam yang menunjukkan sudah berapa lama BBM tersebut berjalan. Biasanya semakin besar jumlah jamnya berjalan, maka akan semakin besar pula RAM digunakan. 


Jadi sampai jumlahnya mencapai ratusan mega pun wajar saja. Untuk mengembalikan ke penggunaan RAM yang lebih standard, cukup lakukan restrart pada device, dan nanti anda akan mendapati angka penggunaan RAM nya mengecil, dan angka pemakaian jam BBM di mulai dari nol lagi. Setelah beberapa lama digunakan BBM nya, angka pemakaian RAM akan mebesar lagi dan begitu seterusnya.

Jadi tidak usah terlalu dikhawatirkan, sepertinya memang demikian karakter aplikasi BBM, termasuk di OS lain bahkan di device Blackberry-nya sendiri, yang akan membesar penggunaan RAM nya seiring waktu penggunaan.

Jika dirasakan sudah terlalu besar, bisa coba di restart saja devicenya untuk membersihkan cache memory. Atau kalau malas restart, bisa pilih apps nya di bagian setting, dan paksa untuk force close, kemudian jalankan kembali aplikasinya. Cuma menggunakan cara restart akan menghasilkan pemakaian 

RAM awal yang lebih kecil di banding Force Close. Kedua cara ini tidak menghilangkan chat history dari BBM anda.

Post a Comment

0 Comments